SARAN BAGI PENGUNJUNG

AddThis Social Bookmark Button
1. Minum obat malaria dan bawa P3K
2. Siapkan diri untuk daerah yang sering hujan deras dan berlumpur
3. Bawa uang tunai yang cukup karena perjalanan ke Siberut memerlukan biaya yang cukup besar
4. Hargailah kebudayaan Mentawai dan tanya sebelum mengambil foto, serta ambil kesempatan ini untuk mempelajari tentang hutan hujan tropis dan kebudayaan tradiosonalnya yang harmonis dengan alam dari orang asli Mentawai
5. Datanglah ke Visitor Center Balai TN. Siberut di maileppet (3 km dari Muara Siberut) sebelum berangkat ke pedalaman. Staf Balai TN. Siberut siap memberikan informasi mengenai Taman Nasional dan Pulau Siberut atau menjadi pemandu dilapangan.
 

Potensi Pariwisata

AddThis Social Bookmark Button
Ekoturisme_potensi1Potensi pariwisata berupa atraksi atau daya tarik wisata budaya dapat dinikmati atau disajikan adalah berupa ;

1. Wisata Budaya (Dancing; Hunting; Shaman; Procecing Sagoo)
Kebudayaan Mentawai sangat khas, dimana masyarakat mempunyai tradisi yang unik. Wisata budaya yang dapat dinikmati adalah kehidupan keseharian masyarakat Mentawai di rumah-rumah tradisionalnya. Aktifitas masyarakat seperti; menyagu, berburu, membuat racun panah, membuat tato, membuat kabit (celana tradisional), memasak sagu, upacara adat dengan tarian khas mentawai (turuk) dan ritual pengobatan oleh Sikerei (dukun mentawai) memiliki nilai budaya dan daya tarik pariwisata yang tinggi.

2. Trecking dan Penyusuran Sungai (Junggle; Muddy)

Untuk mencapai lokasi objek wisata atau daerah/lokasi dimana terdapat adanya wisata budayamaka digunakan speed boat atau sampan melalui sungai utama dimana pada daerah tertentu disepanjang sungai dapat dilihat adanya pondok (sapou) tempat masyarakat lokal berladang dan berternak, atau melihat kehidupan masyarakat lokal yang turun ke muara atau naik ke hulu sungai dengan menggunakan sampan. Perjalanan/trekking dilakukan dengan berjalan kaki melalui hutan-hutan primer dengan kondisi tanah yang berlumpur, dan selama perjalanan dapat menikmati pohon-pohon dipterocarpaceae, anggrek hutan dan kehidupan liar. Bila memasuki Desa Madobak maka kita akan menjumpai Air Terjun Ulukubuk yang memiliki panorama yang indah dan natural. Untuk wisata trekking dan penyusuran sungai ini akan sangat menarik bagi mereka yang menyukai tantangan dan kehidupan liar.

3. Wisata Bahari (Surfing; Snorceling; Swimming; White Beach)
Wisata bahari yang terkenal dan disukai oleh wisatawan mancanegara di Siberut adalah Surfing, dilakukan di pulau-pulau kecil di ujung selatan Pulau Siberut seperti Pulau Nyang-nyang dan Karang Bajat. Selain itu wisata bahari yang dapat dinikmati adalah snorcling, berenang, memancing dan menikamti indahya pasir putih. Saat ini telah ada resort wisata di Karang Bajat yang didirikan oleh perusahaan swasta dan dikelola oleh masyarakat lokal.

4. Pengamatan Burung (Bird watching; Nest; Junggle)
Pengamatan burung dapat dilakukan di hutan-hutan primer dan sekunder atau sepanjang sungai saat perjalanan menuju ke lokasi wisata. Di pantai muara Siberut dapat pula diamati burung-burung pantai yang mencari ikan. Pengamatan burung sebagai tempat berkumpul dan bersarang adalah Pulau Saplap yang terletak di Desa Saliguma.

5. Pengamatan Primata

program_pengawetanSalah satu potensi yang akan dikembangkan di kawasan TN Siberut adalah wisata pengamatan primata. Walaupun saat ini telah ada stasiun riset primata yang dikelola oleh Siberut Conservation Project yang terletak di Politcoman Siberut Utara, dimana keempat primata Siberut dapat dilihat dan diamati secara langsung. Pengamatan biasanya dilakukan pada pagi hari disaat primata mulai beraktivitas.

6. Jelajah Mangrove
Potensi mangrove di Pulau Siberut belum banyak dipromosikan. Terdapat beberapa lokasi wisata mangrove yang potensial yaitu Teluk Katurei yang masih memiliki hutan mangrove yang luas dan relatif asli dengan paduan Teluk Katurei yang tenang. Di sini dapat pula secara langsung mencari kepiting atau ikan-ikan maupun udang di sela-sela hutan mangrove.

7. Pendidikan Dan Penelitian
Nilai ekowisata yang sangat potensial dikembangkan di Siberut adalah pendidikan dan penelitian dikarenakan nilai-nilai keendemisan yang sangat tinggi, terutama penelitian yang berkaitan dengan evaluasi ekonomi penilaian SDA dan ekoturisme. Selain itu di Siberut dapat dikembangkan pula suatu kegiatan pendidikan lingkungan dan konservasi melalui kegiatan outdoor sport atau outbond bagi anak-anak sekolah.

TelukMAileppet_pagi8. Calon Taman Wisata Laut Teluk Saibi Sarabua
Potensi yang sedang dikembangkan adalah Wisata Laut Teluk Saibi Sarabua,termasuk di dalamnya ada Pulau Bugei yang memiliki pasir yang putih, ombak yang tenang dan terdapat padang lamun dan terumbu karang yang cukup luas. Di daerah ini memiliki potensi perikanan yang sangat baik sehingga kegiatan memancing juga merupakan wisata yang cukup potensial untuk dikembangkan.

Berjalannya kegiatan wisata memberikan dampak positif baik masyarakat asli maupun masyarakat pendatang yang menetap di Siberut, dimana dalam hal ini peluang usaha/perekonomian yang ada dapat meningkat, diantaranya jasa pemandu, porter, penyewaan boat, cafetaria, penginapan, dan bidang usaha lainnya.
Taman Nasional sendiri selaku pengolah kawasan konservasi sedang menggalakkan ekowisata yang merupakan salah satu misi dalam penyelamatan Siberut seperti yang telah dicanangkan oleh WWF pada tahun 1980. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengembangkan potensi-potensi wisata yang berbasiskan ekologi dimana potensi keanekaragaman hayati dan objek wisata alam menjadi produk andalan sehingga kegiatan konservasi dan wisata dapat dijalankan bersama-sama dan saling mendukung.
Untuk tujuan tersebut maka Balai TN Siberut telah memiliki tenaga teknis bidang wisata alam dan jaringan beberapa orang pemandu wisata lokal. Selain itu sarana dan prasarana pelengkap dan penunjang lainnya adalah adanya jasa penyewaan perahu mesin (speed boat), tempat penginapan (Bungalow, Guest House) kapasitas 30 orang dan gedung visitor center yang dapat digunakan untuk memberikan informasi awal kepada para wisatawan yang ingin menjelajahi Pulau Siberut.