AKSESIBILITAS

AddThis Social Bookmark Button

kawasan_aksesibilitasTranportasi  menuju dan dari Pulau Siberut, dilayani oleh tiga kapal, yaitu dua kapal berangkat dari Pelabuhan Muara Padang dan satu kapal berangkat dari Pelabuhan Bungus. Jadwal kebeangkatan kapal ke Siberut adalah sebagai berikut :

1. KM. AMBU-AMBU.
Berangkat dari Padang (Pelabuhan Bungus) – Siberut Selatan / Muara Siberut (Maileppet) setiap hari Sabtu pada minggu pertama dan kedua tiap bulannya.
Harga tiket Rp. 65.000,-
Sewa matras Rp. 20.000,-
Pemesanan Tiket : PT. ASDP, telp (0751) 27153 - 34037

  2. KM. SUMBER REZEKI BARU.
Berangkat dari Padang (Pelabuhan Muaro Padang) – Siberut Selatan / Muara Siberut (Maileppet) setiap hari Senin pada tiap minggu.
Harga tiket Rp. 126.000,-
Pemesanan Tiket : PT. ASIMI, telp (0751) 23321

3. KM. SIMASIN
Berangkat dari Padang (Pelabuhan Muaro Padang) – Siberut Utara / Muara Sikabaluan (Pokai) - Siberut Selatan / Muara Siberut (Maileppet) setiap hari Kamis pada tiap minggu.

Berangkat dari Padang (Pelabuhan Muaro Padang) – Sipora (Tuapejat) – Siberut Selatan / Muara Siberut (Maileppet) - Siberut Utara / Muara Sikabaluan (Pokai) setiap hari Minggu pada tiap minggu.
Harga tiket Rp. 126.000,-
Pemesanan Tiket : PT. ASIMI, telp (0751) 23321

Kapal-kapal tersebut berlayar pada malam hari, dengan waktu tempuh 9 - 12 jam.

Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Siberut sarana transportasi yang dapat digunakan adalah speed boat, motor tempel, sampan dan berjalan kaki. Bila menggunakan speed boat maka biasanya melalui pantai barat, sedangkan bila menggunakan sampan atau jalan kaki maka biasanya melalui jalur tembus dari pantai timur. Kendaraan roda empat dan roda dua hanya terdapat di ibukota kecamatan yang melayani perjalanan ke pelabuhan kapal dengan panjang jalan 7 km.

Sarana telekomunikasi yang ada dan dapat digunakan di Pulau Siberut saat ini adalah saluran telepon dari TELKOM yang hanya terdapat di beberapa ibukota kecamatan. Selain TELKOM, saat ini di Pulau Siberut juga telah ada jaringan telepon seluler yaitu TELKOMSEL, walupun belum semua wilayah siberut dapat menggunakan jasanya karena keterbatasan jangkauan dari tower yang ada, sehingga saat ini telah banyak masyarakat Pulau Siberut yang menggunakan Handphone.